Refinancing KKB BCA

Refinancing KKB BCA
Jaminkan BPKB Anda dan dapatkan Dana Tunai Anda

Sabtu, 26 Januari 2013

Tips Membeli Truk Unit Baru





Tidak ada orang yang pintar dalam membeli dan memenuhi kebutuhan perusahaan atau bisnis anda dalam pembelian truk unit baru. Mungkin dalam pembelian truk anda sebelumnya anda bisa mendapatkan harga yang serendah-rendahnya, namun itu bukan jaminan bahwa sekarang anda juga akan mendapatkan hal yang sama. Harga mobil dan truk cenderung bergerak dan berubah sesuai dengan kebijakan pasar, ketersediaan stok, raw material, bahkan untuk truk yang banyak menggunakan bahan baku besi dan baja dalam pembuatan bodi manufakturnya sangat rentan terhadap perubahan harga. Di lapangan banyak kejadian dan peristiwa yang mengindikasikan bahwa carut marut hingga perang urat syaraf antara user dan sales dealer sering kali terjadi, bahkan saling menuntut secara hukum juga beberapa kali terjadi. Yang tentunya kejadian-kejadian seperti ini kerap kali menguras segala pikiran, emosi dan yang paling mahal adalah waktu yang terbuang percuma.

Inilah tips yang bisa anda jadikan pegangan sebelum melakukan pembelian truk dan karoserinya untuk meminimalkan hal-hal yang tidak di inginkan terjadi. Mungkin 100% tidak seluruhnya mencerminkan kondisi yang sesuai dengan situasi anda, namun anda bisa menambahkan dengan hal-hal yang sudah lebih dulu anda pahami atau kuasai dengan demikian anda akan mendapatkan solusi yang utuh.


1. PILIH SALES TRUK YANG ANDA PERCAYAI, Anda atau perusahaan anda akan menginvestasikan biaya pembelian truk dan karoseri dengan nilai yang sangat besar, dan bahkan jika anda membeli truk dan karoseri merk Hino untuk kategori III truk medium hingga heavy truck anda akan mengeluarkan biaya antara Rp. 600 juta - Rp. 950 juta per unitnya. Ini bukan jumlah yang kecil bahkan setara pembelian mobil passenger CBU, dengan jumlah pembelian yang sebesar ini anda harus dan berhak mendapatkan layanan kelas premium layaknya layanan untuk pembeli mobil CBU. Jadi langkah pertama sebelum anda membeli truk dan karoserinya adalah pilihlah partner/sales yang bisa anda andalkan, anda percayai di mana nantinya sales yang kredibel tersebut akan bisa membantu menghadirkan truk yang anda beli di garasi anda dengan tepat waktu, spesifikasi karoseri yang sesuai dengan janji awal. Dan jika saat ini anda sudah mempunyai langganan sales dalam pembelian jangan sungkan-sungkan untuk menghubungi sales lain untuk sekedar komparasi dan perbandingan harga, layanan, dan juga kredibilitas. Mungkin saat ini anda sudah di layani oleh sales yang menurut anda sudah baik, namun di luar tentunya masih ada sales yang lebih baik lagi dalam melayani klien-kliennya, ingat di atas langit selalu ada langit. Jangan sungkan-sungkan pula untuk mengajak dan ngobrol dengan sales anda mengenai pekerjaan, riwayat pekerjaan atau pengalaman kerja. Sales yang berkualitas dan kredibel biasanya tidak gonta-ganti perusahaan atau berpindah-pindah dalam jangka waktu yang pendek. Sales yang berpindah-pindah dari satu perusahaan ke perusahaan lain dalam jangka waktu pendek patut "anda pertanyakan" kualitasnya.


2. PILIH DEALER YANG SUDAH PUNYA REPUTASI ATAU GROUP BISNISNYA, Ambil salah satu contoh Hibaindo Armada Motor, PT. anak usaha dari Hiba Utama Group. Setiap perusahaan mempunyai karakteristik sendiri-sendiri yang seringkali membedakan antara satu dengan yang lainnya. Dan di dealer truk kebijakan perusahaan biasanya secara mayoritas sangat di tentukan dan di kendalikan oleh ownernya kecuali untuk dealer-delaer yang sudah skala nasional dan di pegang penuh dalam group otoritas ATPM (Auto 2000) misalanya. Pilih dealer dengan fasilitas 3S (Sales, Service dan Spare Parts) ini akan memberikan ketenangan dalam layanan after sales service nya nanti. Dengan membeli di dealer resmi 3S minimal menghadirkan kenyamanan di hati anda, walaupun prakteknya nanti anda akan melakukan perawatan rutin atau free service di dealer selain dealer tempat membeli sebelumnya.


3. JANGAN PERNAH MEMBAYAR SECARA TUNAI (UANG CASH), Ini mutlak dan 100% tidak boleh anda bantah dengan alasan apapun. Perhatikan baik-baik di setiap Surat Pesanan Kendaraan (SPK), hampir semua dealer mencantumkan nomor rekening yang syah untuk bertransaksi. Dan pembayaran anda baru di anggap sah jika sudah efektif masuk di rekening perusahaan yang bersangkutan. Dan sales yang bermutu tidak pernah meminta pembayaran di bayar cash uang tunai termasuk DP atau uang tanda jadinya. Banyak kejadian yang tidak dinginkan terjadi di lapangan di mulai dengan pembayaran model seperti ini. Bukan bermaksud untuk berburuk sangka atau suudzon tapi fakta telah memberikan hal-hal seperti ini dan anda harus lebih berhati-hati dalam bertransaksi. Uang tunai di meja seringkali mempengaruhi dan merubah pola pikir seseorang. Jika sales anda bersikeras meminta uang tunai anda perlu curiga, tanyakan alasannya kenapa?, banyak kasus juga mungkin di tempat kerja sales yang bersangkutan unit sedang tidak ada dan sales tersebut memberikan referensi teman kantor lain yang ada barangnya (dunia sales sering menyebutkan lempar order). Jika alasan ini mudah saja, tanyakan salesnya siapa, konfirmasi ke kantor tersebut benar tidaknya informasi tersebut?. Jika memang kebutuhan anda sudah sangat mendesak dan harus segera menghadirkan unitnya secepat mungkin, mintalah nomor rekening PT tersebut dan bayarlah langsung transfer ke rekening perusahaan yang bersangkutan. Tapi anda sendiri juga bisa menilai kualitas sales anda jika memang ordernya akan di lempar ke perusahaan lain sementara tiap bulannya dia mendapatkan gaji di perusahaan tempat dia bekerja.

4. TENTUKAN JENIS DAN TIPE TRUK NYA, Truk niaga di buat untuk berbagai macam kebutuhan dan peruntukkannya, karenanya produsen-produsen truk mencipatakan banyak tipe dan model untuk memenuhi kebutuhan usaha pemakai produknya. Tentukan kebutuhan anda dengan mengklasifikasikan dalam beberapa point berikut :

  • Berapa ton kapasitas barang yang akan anda angkut?, dari tonase ini kita bisa menentukan tipe truk yang cocok untuk usaha anda. Kapasitas tonase truk (tonase brutto) di mulai dari 5 ton sampai dengan 44 ton untuk operasional jalan raya, dan hingga 55 ton untuk operasional tambang.
  • Berdasarkan dimensi barang yang akan di angkut, kita bisa menentukan tipe truk yang cocok di pakai dari panjang barang yang di angkut misalnya pipa, besi UNP, mild steel, paku bumi, beton cetak dan sebagainya. Umumnya variasi karoseri bak truk mulai dari 3 meter, 4 meter, 4.15 meter, 5.0-5.2 meter, 5.4 meter, 6.2 meter, 7.4-7.6 meter, 9.2-9.4 meter. Untuk variasi ukuran panjang Hino mempunyai produk paling lengkap dengan semua ukuran tersebut.
  • Berdasarkan material yang di bawa, apakah untuk mixer truck untuk semen cor, truk tangki untuk semua jenis liquid, bulk carrier untuk semen cair, truk LPG untuk tabung LPG, dump truck untuk material tambang, pasir dan tanah urug, truk crane untuk mesin-mesin berat, alat dukung proyek insfrastruktur, beton cetak, truk box kargo untuk angkutan produk makanan, snack, produk consumer goods dan lain sebagainya. Anda bisa berkonsultasi langsung dengan sales truk yang bersangkutan.
  • Berdasarkan area dan medannya. kasus truk Hino, ATPM Hino selalu dan terus berinovasi menciptakan truk-truk berdasarkan aspek fungsi dan kegunaan di lapangan. Karenanya produk tipe dan model truk Hino dilapangan memiliki varian yang paling lengkap. Misalnya beroperasi di medan off road anda bisa menggunakan truk bergardan dengan perbandingan gigi besar untuk kemampuan torsi yang besar, untuk medan lumpur Hino juga punya produk Hino Dutro 130 HDdengan tambahan Differntial Spin, leaf spring tambahan, hingga truk 4x4 untuk medan sangat ekstrim.

5. TENTUKAN MODEL KAROSERI NYA, Ada ratusan model karoseri truk di lapangan, tapi tentunya anda hanya akan memilih dan membeli 1 model atau tipe truk yang akan anda pakai bukan?, atau mungkin 2-3 model saja jika perusahaan anda bergerak di bidang transportasi. Sesuaikan model karoseri sesuai dengan kebutuhan saja tidak lebih. Model-model karoseri yang ada misalnya karoseri mixer, karoseri box, karoseri wing box, karoseri truk tangki, karoseri bus, karoseri manhaul dan sebagainya. Silahkan anda berkonsultasi langsung dengan sales anda.


6. TENTUKAN SPESIFIKASI KAROSERI NYA, Hampir bisa di katakan tidak ada karoseri yang selevel, baik dari segi harga maupun kualitasnya. Di Indonesia mungkin ada ratusan perusahaan karoseri, untuk pembeli awal yang belum berpengalaman biasanya bingung dalam menentukannya sehingga seringkali menyerahkan pekerjaan ini ke sales yang bersangkutan atau ke dealer tempat membeli chassis truk nya. Dan setiap dealer selalu mempunyai jaringan suplier karoserinya, ini berarti anda sedang mempertaruhkan nasib truk anda ke dealer tempat membeli. Jadi berharaplah anda akan bernasib baik agar mendapatkan karoseri yang berkualitas. Mengapa harga karoseri berbeda-beda satu dengan yang lain?, ini di karenakan setiap perusahaan karoseri mematok angka profit margin yang berbeda-beda pula. Termasuk dengan supplier atau bahan baku karoseri masing-masing mendapatkan harga yang berbeda-beda pula antara 1 perusahaan karoseri dengan yang lainnya. Termasuk dari pembayaran suplier yang berbeda pula sehingga harga beli bahan baku juga berbeda-beda.

Mintalah spesifikasi teknis karoseri yang anda butuhkan dan itu harus tertulis, harus ada penjelasan yang bisa di pertanggung jawabkan, hindari melakukan kesepakatan pembelian melalui telpon jika anda tidak benar-benar kenal dengan baik sales yang bersangkutan. Jika semuanya tertulis dengan lengkap ini bisa membantu dan menjadikan pegangan anda terhadap truk dan karoseri yang anda beli dan sebagai antisipasi jika terjadi sesuatu yang tidak di inginkan. Kebanyakan sales hanya tahu soal tipe dan harga belum sepenuhnya mengerti secara detail perihal karoseri yang anda beli, jadi anda harus benar-benar tahu dan yakin dengan produk yang anda beli. Di penawaran yang anda terima biasanya hanya menyebutkan harga truk dan harga atau model karoseri saja, mintalah ke sales yang bersangkutan untuk merevisi penawaran lengkap dengan spesifikasi teknis karoseri bila perlu mintalah foto-foto karoseri yang bersangkutan atau foto produk jadinya.

Jika anda sudah mengenal dengan perusahaan karoseri order lah langsung ke karoserinya, atau jika anda tidak mau repot mengurusnya maka mintalah merk karoseri yang bersangkutan ke sales anda di surat penawaran atau surat pesanan kendaraannya.

7. TENTUKAN SISTEM PEMBAYARANNYA, Pada umumnya delaer hanya mengenal 2 sistem pembayaran pembelian truk yaitu secara tunai dan kredit (melalui leasing atau bank). Ada perbedaan dalam 2 sistem pembayaran tersebut yang paling menguntungkan secara ekonomi jelas membeli tunai akan lebih menguntungkan. Jika perusahaan anda mempunyai cukup dana maka beli tunai jauh lebih menguntungkan, truk anda akan di gunakan untuk bisnis jadi jelilah menentukan sistem pembayaran berdasarkan aspek ekonomi. 60% lebih customer kami membeli dengan cara seperti ini dan sangat menguntungkan bagi mereka. Membeli secara kredit biasanya tidak semua perusahaan leasing dan bank mau menerima sekaligus dengan karoserinya maksudnya chassis dan karoserinya di kredit. Kebanyakan menganut sistem chassis di kredit dan karoseri di bayar tunai ke dealer atau langsung ke karoserinya. Namun jika anda sudah terbiasa  membeli truk dan karoseri secara reguler (RO/repeat order) biasanya leasing atau bank akan menerima keduanya (chassis dan karoseri di kredit) tentunya record anda baik di mata kreditor. Pengurusan aplikasi kredit di bank juga lebih sulit dan ribet karena menyangkut banyak aspek dan faktor yang akan menjadi pertimbangan bank, namun di sisi lain bank biasanya memberikan fasilitas bunga kredit yang lebih rendah di bandingkan dengan perusahaan leasing atau finance.

Membeli truk secara kredit melalui leasing biasanya prosesnya tidak seribet dan selama seperti proses di bank, namun konsekuensinya bunga kreditnya sedikit di atas bunga kredit bank. Persyaratannya juga tidak terlalu banyak seperti aplikasi bank. Hindari membeli truk dengan kredit DP rendah, kebanyakan DP rendah tidak berpihak pada kesehatan bisnis anda karena hutang kredit anda akan jauh membengkak dan tentunya konsekuensi bunga yang harus anda bayarkan juga meningkat. DP rendah memang efeknya bisa langsung di rasakan, namun dalam jangka panjang memberatkan angsuran bulannya. Ingat anda tidak hanya memikirkan angsuran saja namun anda juga harus menghitung gaji sopir, assisten sopir, perawatan kendaraannya. Uang yang di hasilkan dari truk anda bukan hanya untuk membayar angsuran saja.

Banyak kasus di bengkel kami menunjukkan truk-truk yang kurang perawatan setelah kita cari penyebabnya salah satunya adalah karena untuk membayar angsuran saja sudah bersyukur bisa jalan walaupun dengan tersendat-sendat sehingga truk biasanya akan menjadi anak tiri dan korban terakhir yang tidak terurus padahal dari truk inilah kita mendapatkan uang setoran untuk membayar angsuran.

Dan untuk saat ini hampir semua perusahaan leasing dan bank telah bergabung dengan asosiasi pembiayaan, jadi record anda akan secara otomatis terekam di hampir semua perusahaan pembiayaan yang ada di Indonesia. Bahkan tahap pertama proses pengajuan kredit kendaraan adalah dengan melakukan Bank Indonesia cecking untuk menentukan validitas debitor. Dengan cara ini artinya jika anda punya tanggungan hutang kartu kredit, KPR, sudah atau sedang dalam masa angsuran pembiayaan otomatis juga akan terdeteksi, termasuk pula jika ada kredit macet atau tersendat dalam angsuran bulanan. BI Cecking akan sangat memberatkan bahkan kalau boleh saya bilang akan mengakhiri nama baik anda di perkreditan, namun jika nama anda baik ini akan menambah kredibilitas anda jauh meningkat.

Jadi menurut kami DP 30% chassis dan karoseri, atau DP 30% chassis di kredit karoseri di bayar tunai komposisi terbaik untuk kreditor baru (pertama kali beli truk), jaga nama baik dengan kelancaran angsuran dan ketepatan waktu. Setelahnya ketika akan membeli diperiode yang ke-2 bolehlah kita menuntut ke pembiayaan dengan memberikan fasilitas DP rendah namun dengan bunga murah.

Syarat aplikasi kredit pribadi atau perorangan : KTP Suami Istri, foto kopi KK, foto kopi tagihan PLN/air/telkom pilih salah satu, foto kopi PBB rumah, foto kopi rekening bank 3 bulan terakhir. Syarat kredit atas nama PT atau badan usaha : foto kopi KTP pemilik usaha, foto kopi SIUP, NPWP, tanda daftar perusahaan, tanda domisili perusahaan, foto kopi akta pendirian perusahaan dan perubahahannya jika ada, SK Menkeh HAM.


9. KETERSEDIAAN BARANG, setelah anda menerima surat penawaran harga apakah tercantum di surat tersebut perihal ketersediaan barangnya. Anda jangan langsung jika menyebutkan barang ready stock, arti ready stock mempunyai pengertian yang bercabang apakah ready stock di gudang (on hand) di dealer, ready stock ada alokasi tapi belum di kirim dari ATPM, atau ready stock di dealer teman-temannya. Masalah sepele ini sering menjadi sandungan bisnis anda apalagi jika anda sudah terlanjur kontrak dengan user. Dari dulu sampai sekarang masalah ini selalu muncul karena ketidak sepahaman dan keterbukaan antara kedua belah pihak penjual dan pembeli, dan mungkin masalah ini akan terus ada sampai akhir hayat kita. Pembeli harus mendapatkan kepastian barang/chassisnya, belum lagi karoseri biasanya tidak ready stock yang butuh waktu 2 minggu - 2.5 bulan untuk perakitan body manufactur karoseri, lama tidaknya pembuatan body manufactur karoseri tergantung dengan model dan tipe karoseri, juga karoseri yang bersangkutan apakah saat order anda di kerjakan order lain dari perusahaan tersebut sedang banyak atau tidak. Pastikan ketersediaan chassis, waktu pengerjaan karoseri, ini akan memberikan ketenangan anda.

10. NEGOSIASI HARGA, secara umum harga berbanding linier dengan produk, dan mengapa kadang-kadang harga masing-masing dealer berbeda?. Ada sedikit perbedaan dalam membeli mobil passenger dan truk, kalau di mobil passenger terkadang perbedaan harga sangat tipis bahkan cenderung stabil dan sama namun tidak dengan membeli truk. Seperti yang sudah kami sebutkan di atas bahwa harga kebanyakan di pengaruhi oleh 2 hal yaitu komposisi kebijakan menentukan profit margin dan suplai barang dengan kebutuhan. Setelah anda mendapatkan harga penawaran pastikan dengan jelas apakah chassisnya ready stock di gudang dealer?, atau ready stock tapi masih di gudang pabrik dan belum delivery ke dealer. Hanya karena masalah sepele ini pula sering kali kasus di lapangan membawa polemik yang berkepanjangan. Jika suplai barang terbatas namun kebutuhan unit tetap tinggi biasanya delaer agak mengerem diskon ke pembeli makanya jika ada dealer yang stoknya masih banyak harga biasanya sedikit lebih rendah. Namun ada pula dealer yang memberi harga murah jika anda mau indent dan membayar DP terlebih dahulu. Semuanya tergantung keputusan dan kebutuhan anda, namun dengan membayar DP tapi anda tidak mendapatkan jaminan waktu deliverynya maka saat itu anda sedang berjudi dengan membela diskon yang sedikit lebih besar namun anda mempertaruhkan masa depan pembelian truk anda.

Jika anda mendapatkan kepastian barangnya atau sales mengaku punya unitnya sementara ketika anda menghubungi dealer lain banyak yang mengalami kelangkaan barang, maka pastikan ketika anda akan membayar DP melakukan barter kuitansi yang di lengkapi dengan nomor chassis engine yang tertera dengan jelas. Dealer yang punya stock unit ready stock on hand selalu mempunyai daftar chassis engine, ini sudah pasti dan tidak ada alasan apapun. Anada sebagai pembeli juga harus fair ketika meminta bukti chassis engine andapun harus berkomitmen membayar DP pembelian.

11. SURAT PESANAN KENDARAAN (SPK) ATAU PURCHASE ORDER (DO), setelah mencapai kesepakatan harga langkah selanjutnya adalah adalah mengeluarkan purchase order dari perusahaan anda, atau menanda tangani surat pesanan kendaraan (SPK). Pastikan tipe, model, merk karoseri, harga produk, spesifikasi karoseri, delivery kendaraan. Jika ada salah satu yang belum tercantum mintalah sales anda melengkapinya sebelum menanda tangani SPK anda. Mintalah 1 berkas SPK yang anda tangani tersebut sebagai pegangan kesepakatan bersama dalam jual beli. Ini menjadi dasar anda ketika akan melakukan komplain jika anda merasa tidak mendapatkan apa yang sudah di janjikan sales anda.

Selamat berbisnis, semoga bermanfaat, salam sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar